Senin, 14 Maret 2016

thumbnail

Cara Memilih dan Menentukan KEYWORD yang Tepat Sesuai Target

Cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target-Cara memilih keyword yang tepat atau cara menentukan keyword sesuai target. Pada artikel kali ini akan Kita bahas bagaimana "Cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target". Keyword (kata kunci) perlu dipilih agar kata kunci yang ditentukan tepat untuk situs Anda. Keyword atau kata kunci merupakan urat nadi trafik dari sebuah blog/website. Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika Anda memilih keyword yang salah maka pengunjung ke blog Anda akan sedikit sekali.

Cara Memilih dan Menentukan KEYWORD yang Tepat Sesuai Target

Bagaimana cara memilih keyword yang tepat?. Lakukan riset sebagai cara menentukan keyword sesuai target. Cara memilih keyword (kata kunci) yang tepat  karena keyword yang baik adalah salah satu teknik SEO, dan menentukan kata kunci yang tepat adalah salah satu modal pertama untuk menjaring trafik blog/website. Membuat kata kunci untuk blog/website sangat susah-susah gampang. Jadi jangan memandang remeh masalah ini. Ini adalah urat nadi trafik di blog Anda. Salah memilih "keyword", maka optimisasi SEO Anda akan sangat berat.

Memilih kata kunci atau keyword yang tepat untuk blog merupakan hal yang sangat penting. Jika Anda memilih keyword yang salah maka jangan heran jika blog Anda sepi pengunjung bagaikan kuburan. Kalau blognya sudah sepi pengunjung nanti ujung-ujungnya jadi males ngeblog. Kalo sudah males ngeblog kemungkinan besar bakalan berhenti ngeblog. Tapi mudah-mudahan dengan membaca postingan ini Anda nggak akan berhenti ngeblog sampai benar-benar bisa mendapatkan pengunjung yang banyak. Riset keyword atau lebih tepatnya riset kata kunci merupakan salah satu bagian dalam strategi SEO atau pengoptimalan mesin pencari. Bagi Anda yang ingin meningkatkan pengunjung blog dari mesin pencari maka tidak ada alasan untuk tidak melakukan riset keyword. Anda tetap bisa mendapatkan pengujung dari mesin pencari tanpa riset keyword, tapi bisa dipastikan tidak akan maksimal.

Sesuai judul artikel ini "cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target". Maka bagaimana cara Kita memilih kata kunci/keyword yang paling baik untuk dioptimasi?. Memang "keyword" merupakan senjata ampuh untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Cara memilih keyword atau kata kunci yang benar dan tepat menjadi hal yang sangat penting karena kata kunci atau keywords adalah dasar dari semua kampanye di Google AdWords. Seperti yang Kita ketahui menggunakan keyword yang tepat untuk website maka akan menjadikan blog/website menjadi SEO.

Cara memilih keyword (kata kunci) yang tepat untuk situs Anda merupakan salah satu teknik yang paling penting dalam SEO. Karena dengan memilih keyword/kata kunci yang tepat saja maka trafik situs Anda akan menjadi baik. Memilih kata kunci yang tepat merupakan tantangan besar bagi para blogger. Penggunaan keyword yang baik akan mampu membawa blog/website kepada target yang diinginkan. Karena itu maka jelas tahap awal saat penentukan dan pemilihan kata kunci atau keyword yang tepat perlu dikerjakan terlebih dulu sebelum Anda membuat blog.

Maka pilihlah keyword yang tepat untuk menentukan keyword yang sesuai target dengan melakukan riset. Bagaimana cara Kita melakukan riset kata kunci/keyword yang paling baik dan tepat sesuai target?. Riset keyword pada intinya adalah mencari kata kunci yang sering diketikkan oleh orang di mesin pencari sesuai dengan topik blog Anda. Sebaiknya sebelum membuat blog atau membuat artikel Anda melakukan riset keyword. Dengan memanfaatkan dua buah tools gratis bernama "Ubersuggest" dan juga "Google Adwords". Sebenarnya bisa saja hanya menggunakan Google AdWords, namun keyword yang dihasilkan kurang bervariasi. Oleh karena itu Kita memerlukan bantuan dari Ubersuggest. Fungsi dari Ubersuggest disini adalah untuk menemukan keyword variasi dari keyword utama yang Kita target. Tujuannya tentu saja untuk menemukan long tail keyword. Sedangkan tugas dari Google Adwords sendiri sudah pasti untuk menganalisis jumlah pencarian dan juga tingkat persaingan pengiklan AdWords.

Cara memilih keyword yang tepat memang gampang-gampang susah. Ada banyak cara riset keyword yang tepat untuk optimasi sebuah situs. Namun sebelum memilih keyword/kata kunci, perlu dilakukan analisa. Keyword atau kata kunci yang sering digunakan sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, harus ada dalam artikel. Agar situs Anda menjadi relefan itu sangat penting sebagai SEO pemilihan  keyword yang tepat untuk optimasi sebuah situs. Ada beberapa  faktor penting yang harus diperhatikan untuk memilih kata kunci atau keyword. Apa saja itu?, berikut faktor penting yang harus diperhatikan untuk memilih keyword.
1. Perhatikan keseimbangan nilai kompetisi dan jumlah pencarian bulanan. Usahakan memilih kata kunci yang persaingannya tidak terlalu tinggi, tetapi banyak dicari orang.
2. Sebaiknya jika blog Anda masih baru, fokuslah untuk memperbanyak variasi kata kunci panjang (terdiri dari 5 kata atau lebih). Ini penting, karena Anda bisa kehabisan nafas jika berusaha menguasai kata kunci dua kata seperti "tutorial blog". Kata kunci pendek dan banyak dicari orang, sudah menjadi jatah blog bereputasi dan punya otoritas. Blog bereputasi biasanya sudah berumur, dan blog berotoritas adalah blog yang punya backlink dalam jumlah yang luarbiasa dengan cara yang dinilai natural oleh robot search engine.
3. Jika Anda masih pemula maka keyword panjang atau sering disebut "long tail keyword" jelas lebih direkomendasikan karena tingkat persaingan yang cenderung lebih rendah dan memudahkan Anda untuk menguasai posisi teratas mesin pencari.

Setelah riset Anda lakukan, kemudian tentukan keyword yang tepat. Cara menentukan keyword sesuai target, ada baiknya untuk lebih dulu memahami beberapa jenis-jenis keyword karena dalam dunia per-SEO-an, keyword memiliki banyak sekali jenis, diantaranya adalah:
1. Short tail keyword
Short tail keyword adalah kata kunci yang pada umumnya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja. Misalnya seperti ini : Android, Android Murah.
2. Long tail keyword
Long tail keyword merupakan versi panjang dari short tail keyword. Contohnya seperti ini: Daftar Smarphone Android Paling Keren.
3. Keyword abadi
Keyword abadi adalah sebuah kata kunci yang selalu digunakan orang untuk mencari informasi pada mesin pencari dan tidak akan basi ditelan zaman. Contohnya kata kunci berikut ini: “Cara menyembuhkan sakit kepala”.
4. Keyword musiman
Keyword musiman adalah kebalikan dari keyword abadi, yaitu keyword yang bersifat musiman atau hanya populer sesaat. Contohnya kata kunci berikut ini: “Hasil pertandingan Real Madrid vs Juventus”.
Memilih keywords yang tepat adalah aspek terpenting untuk mendapatkan keyword yang tepat sesuai target.

Setelah melakukan semua di atas maka cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target sudah bisa Anda lakukan. Jika Anda sudah menemukan keyword yang tepat sesuai target maka langkah selanjutnya tentu saja mengeksekusi keyword dan mengoptimasi keyword tersebut. Letakan keyword pada 100 kata pertama dalam artikel. Keyword harus muncul setidaknya pada 100 kata pertama dalam artikel Anda. Semakin awal semakin bagus. Tidak bisa dipungkiri saat ini kualitas konten memang menjadi faktor penting dalam SEO. Di sisi lain backlink yang kita tahu selama ini menjadi faktor utama peringkat mesin pencari semakin kesini mulai semakin berkurang perannanya. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat buat Anda. Kurang lebihnya silahkan disampaikan di komentar. 



Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

6 Comments

avatar

Gan, kalau menetukan kata kunci untuk optimasi blog agar semua postingan bisa kena dampaknya gimana ya gan? Mohon pencerahannya ya

Reply Delete
avatar

Cara memilih dan menentukan keyword yang tepat sesuai target, usahakan aja letakkan kata kuncinya dalam postingan agan. dgn meletakkan kata kunci dalam ostingan otomatis postingan berdampak pada kata kunci atau keyword yang agan pilih dan tentukan.

Reply Delete
avatar

sebenarnya apa istilah yang tepat kata kunci atau kalimat kunci ? menurut saya istilah long tail keyword itulah yang dimaksud kalimat kunci, dan shor keyword itu yang dimaksud kata kunci. masalahnya kalau dua hal itu dipersamakan, bloger pada bingung

Reply Delete
avatar

Dalam dunia blog, kita cuman kenal istilah "kata kunci" bukan "kalimat kunci" pak sofyanto. Long tail keyword juga kata kunci cuman versinya lebih panjang dari short keyword. Jadi keduanya sama-sama kata kunci untuk ISTILAH blogger. Yang membedakannya adalah "kata kunci pendek dan kata kunci panjang".

Semoga bisa dipahami.

Reply Delete
avatar

mas, saya biasanya pake Keyword Planner Google sambil bisa lihat keyword yang saya cari tuh yang paling banyak dicari seperti apa. kira-kira apa ada tools lain yang bisa bantu kita untuk cari keyword yang tepat? thanks mas

Reply Delete
avatar

ada, coba pakai tools Ubersuggest gan.
dan tentunya masih banyak tools yang lain, coba search lagi gan di google.

Reply Delete